--> Skip to main content

Mengenal asal usul sate yang tidak diketahui banyak orang.

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan sate, makanan yang sering kalian temui hampir di seluruh wilayah Indonesia ini berbahan utama adalah daging ayam, kambing atau sapi dan dimasak dengan cara di tusuk dan dibakar. Menggunakan bumbu kecap yang dicampur cabe dan bawang atau menggunakan bumpu kacang.

Tapi tahukah kamu asal mula sate?

Sate, makanan khas Indonesia dari bahan daging yang ditusuk dan dibakar
Sate, makanan khas Indonesia dari bahan daging yang ditusuk dan dibakar

Dilansir TribunTravel dari beberapa sumber, asal muasal sate yang 100 persen asli Indonesia ini dijelaskan oleh seorang pencinta kuliner dan food writer, Jennifer Brennan.

Jennifer Brennan mengatakan bahwa sate berasal dari Jawa.

Sate adalah makanan yang diadaptasi dari kebab yang dibawa oleh para pedagang Muslim dari Gujarat pada awal abad ke-19. Meskipun awal mula pembuatan sate terinspirasi dari kebab, namun sate dikembangkan oleh orang Indonesia yakni orang Jawa dengan menggunakan bumbu-bumbu racikan lokal.

Dari Jawa, sate menyebar ke seluruh Indonesia dan disesuaikan dengan cita rasa masing-masing daerah hingga akhirnya menciptakan variasi sate. Ada sate khas Ponorogo, sate Madura, sate Tegal, sate Padang, sate buntel, sate lilit Bali, dan sebagainya. Dan penamaannya juga berdasarkan daerah atau bahan baku dari satenya. Seperti Sate padang adalah dari daerah padang, sate tegal dari tegal atau sate kelinci menggunakan bahan baku daging kelinci.

Sate Padang. Dari Wikipedia. Asal usul sate
Sate padang. dari Wikipedia

Selain bumbu yang digunakan bervariasi, daging dan cara memasaknya pun berbeda. Untuk daerah Jawa Barat yang terkenal adalah Sate maranggi di daerah Purwakarta.

Sehingga bisa dikatakan bahwa hidangan sate ini 100 persen berasal dari Indonesia.

Dan penyebaran sate ini pun sudah ke seluruh dunia seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.
Penyebaran sate ini tidak terlepas dari para perantau dari Jawa yang berjualan sate di sana.

Sosatie. Dari Wikipedia. Asal usul sate
Sosatie. Dari Wikipedia


Di Afrika Selatan, sate dikenal dengan nama sosatie.
Sosatie seperti halnya sate namun ada tambahan sayuran seperti bawang bombay dan paprika di tengah-tengah tusukan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar